Kontak Kami

( pcs) Checkout

Info: Untuk melakukan pembelian obat ditempat terdekat di kota anda, silahkan buka menu NAMA apotik untuk melihat nama apotik di seluruh indonesa
Beranda » Artikel dan Tips » Waspada resistensi! gunakan antibiotik secara rasional

Waspada resistensi! gunakan antibiotik secara rasional

Diposting pada 27 November 2016 oleh Samir Jalali

Angka terjadinya resistensi dini akibat dari penggunaan antibiotik yang tidak tepat bukan hanya masalah utama di indonesia, tapi ancaman ini adalah bersifat global yang menyerupai bom waktu apabila tidak ditangani dengan tepat dan penuh kepedulian.

apa yang disebut antibiotik?

Pengertian Antibiotika merupakan obat yang ditujukan untuk membunuh kuman penyebab infeksi atau membunuh jamur. Sebenarnya antibiotik itu termasuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaan antibiotik harus tepat  dan dalam kontrol ahli kesehatan. Atibiotik sekarang ini banyak dijual bebas tanpa resep. Sehingga penggunaan antibiotik menjadi semakin serampangan oleh masyarakat di Indonesia

ketika sakit, perlukah minum antibiotik?

Tidak semua penyakit membutuhkan obat antibiotik. Penggunaan yang tak tepat justru akan menyebabkan resistensi tubuh terhadap jenis antibiotik itu. Oleh karena itu sangat penting untuk mengenali penyakit yang tak butuh antibiotik. Pada artikel sebelumnya dikatakan bahwa antibiotik biasa digunakan untuk melawan bakteri, namun efek sampingnya dapat sangat membahayakan bagi peminumnya jika dikonsumsi secara sembarangan.

Seringkali melihat kerabat atau orang lain yang mudahnya memberikan antibiotik hanya untuk menurunkan panas atau demam tanpa tahu apa penyebab panas dan demam tersebut. Kadang panas atau demam tersebut bisa turun, namun jika dosis yang tidak tepat justru dapat menyebabkan resistensi terhadap bakteri sehingga dibutuhkan dosis obat yang lebih besar lagi dalam penggunaannya.

Resistensi justru bisa memperburuk kondisi klinis, dan yang pasti juga menambah biaya kesehatan. Resistensi juga meningkatkan jumlah pasien di rumah sakit dan potensi pandemik mikroba yang resisten.Saat ini, penyebaran kuman yang resisten terhadap antimikroba sudah menjadi ancaman dunia. Bukan hanya itu, penyimpanan obat antibiotik pada suhu yang tidak tepat justru akan meningkatkan resistensi terhadap antibiotika tertentu. Sayangnya juga bahwa pengkapalan obat antibiotika dipelabuhan sering tak sesuai dengan standar.

apa yang terjadi jika minum obat antibiotik yang bukan indikasinya?

Selain dapat membuat bakteri menjadi resisten pada pengobatan antibiotik yang tidak efisien dan berulang,  antibiotik justru bisa membunuh bakteri baik yang tugasnya menjaga tubuh kita. Jangan sampai penyakit bertambah parah hanya gara-gara pada awalnya cuma karena menggunakan antibiotik yang tidak tepat sasaran.Sebagian besar penggunaan antibiotik tidak menjamin kesembuhan penyakit karena tidak tepat sasaran. Jika sudah menghabiskan seluruh resep, gejala penyakit akan kembali karena antibiotik tidak menyentuh akar penyebab penyakit.

Beberapa penyakit yang disebabkan virus (murni disebabkan virus) seperti demam karena virus, influenza, beberapa batuk pilek, radang tenggorokan, diare singkat tanpa pendarahan, demam berdarah dengue dan beberapa infeksi telinga tidak boleh diobati dengan antibiotik. Perlu dipahami, meski sangat bermanfaat, antibiotik hanya ditujukan mengatasi infeksi akibat bakteri, bukan infeksi virus seperti demam, batuk atau flu. Jika ini dipaksakan dikonsumsi, dapat terjadi resistensi di dalam tubuh.

Untuk itu, mengkomunikasikan resistensi antibiotik dengan dokter Anda sangatlah penting. Katakan pada dokter bahwa Anda mendukung penggunaan obat yang rasional. Jika dokter menganggap Anda perlu mengonsumsi antibiotik, konsumsilah sesuai resep dokter. Menuntaskan dosis sesuai resep juga sangat dianjurkan. Misalnya, jika memang harus dimakan tiga kali sehari selama lima hari, lakukan sesuai aturan dan pada waktu yang tepat pada pagi, siang, dan petang harinya atau selang 8 jam.

Pahami cara dibawah ini sebagai tips untuk menghidari kesalahan dalam penggunaan antibiotik

  1. Hindari sembarangan mengkonsumsi antibiotik. Gunakan antibiotik hanya dengan resep dokter, dengan dosis dan jangka waktu sesuai resep. Jangan percaya pada rekomendasi teman, kerabat, atau petugas apotik yang menyarankan minum antibiotik tertentu tanpa rekomendasi seorang dokter.
  2. Jangan sekali-kali membeli atau menggunakan antibiotik berdasarkan resep sebelumnya. Jika pernah tersisa antibiotik dari resep sebelumnya, sebaiknya jangan digunakan tanpa instruksi dokter.
  3. Tanyakan pada dokter, obat mana dari resep yang mengandung antibiotik. Tanyakan pula dosis dan cara minumnya. Salah penggunaan antibiotik menyebabkan obat ini menjadi tidak efektif lagi, bisa terjadi kekebalan kuman, bahkan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Tuntaskan resep dokter sesuai anjuran. Jangan pernah berhenti makan antibiotik meski sudah tidak merasakan gejala penyakit atau sudah merasa sehat. Pemberhentian antibiotik yang tidak sesuai waktu, atau terlalu cepat, bisa membuat bakteri bertahan hidup dan menyebabkan infeksi berulang.
  5. Pilek, batuk dan diare pada umumnya tidak memerlukan antibiotik. Konsumsi air yang cukup, istirahat cukup, serta konsumsi multivitamin atau suplemen yang tepat dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi virus yang menyerang dan dapat sembuh dengan sendirinya.
  6. Jika mengalami efek samping, seperti antibiotik terkait diare, konsultasi dengan dokter segera.

Hal yang sangat berguna namun jarang dilakukan untuk mengindari terjadinya infeksi atau penyebaran bakteri masuk kedalam tubuh adalah dengan membiasakan menjaga kebersihan tubuh. karena dengan kebersihan, tubuh akan terhindar dari penyakit.

Bagikan informasi tentang Waspada resistensi! gunakan antibiotik secara rasional kepada teman atau kerabat Anda.

Waspada resistensi! gunakan antibiotik secara rasional | Apotek Obatlife

Belum ada komentar untuk Waspada resistensi! gunakan antibiotik secara rasional

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / OTC-LP0012
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock

Tentang Kami

Obatlife.com sebagai apotik jaringan online yang bekerjasama dengan banyak apotik di indonesia. Distribusi dan tempat pembelian obat ditentukan berdasarkan lokasi terdekat konsumen. Pelayanan terbuka 24 jam sistem Satu Harga seluruh indonesia.

Pencarian

Pengunjung

SIDEBAR