Kontak Kami

( pcs) Checkout

Info: Untuk melakukan pembelian obat ditempat terdekat di kota anda, silahkan buka menu NAMA apotik untuk melihat nama apotik di seluruh indonesa
Beranda » Artikel dan Tips » Untuk Pasien! Cara menghindari kesalahan Penggunaan Obat

Untuk Pasien! Cara menghindari kesalahan Penggunaan Obat

Diposting pada 13 Desember 2016 oleh Samir Jalali

Dikutip dari halaman resmi Badan Pengawasan Obat USA (FDA) yang diupdate 15 Juni 2015 membahas tentang informasi yang harus diketahui oleh setiap pasien / pengguna atau yang beli obat agar medication error dapat dihindari. untuk mencegah terjadinya kesalahan pengobatan dapat diperhatikan hal-hal berikut ini:

Cari tahu nama obat yang anda beli

Bukan hanya membiarkan dokter menulis resep dan memberikannya ke kita sebagai pasien, perlu diketahui dan  memastikan untuk meminta nama obat dalam resep tersebut. “Dengan cara ini Anda sebagai pemilik dan pengguna obat resep tersebut akan melihat jika apotek memberikan sesuatu yang berbeda dari resep tersebut,” kata Cindi Fitzpatrick, BSN, seorang perawat terdaftar dan petugas keamanan konsumen di FDA Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat.

“Juga, setiap kali Anda menerima tebusan resep yang sama di pembelian berikutnya, perhatikan obat sebelum Anda meninggalkan tempat beli obat di apotek untuk memastikan tampak sama dengan apa yang Anda miliki sebelumnya. Apakah itu warna yang sama, ukuran, bentuk, dan sediaanya? Apakah kemasan yang sama? Jika tampaknya berbeda, tanyakan kepada apoteker tentang hal itu.”

Baca Juga : Waspada resistensi obat, gunakan Antibiotik yang benar

Ajukan pertanyaan bagaimana menggunakan obat

“Sangat penting untuk memilih dokter dan apoteker yang Anda merasa nyaman sehingga dapat dengan bebas mengajukan pertanyaan tentang obat,” kata Fitzpatrick. Beberapa pertanyaan yang baik untuk disampaikan seperti:

Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa dosis obat? Haruskah saya menggunakan obat ini sebelum, selama, atau sesudah makan? bagaimana waktu penggunaannya setiap dosis? Apa efek samping yang terjadi? Kapan saya harus menghubungi apoteker atau dokter jika terjadi efek samping? Apakah ada lainnya obat, makanan, atau kegiatan yang harus saya hindari selama menggunakan obat? Haruskah obat disimpan dalam lemari es atau pada suhu kamar?

Kemudian minta dan buatlah catatan dari petugas kesehatan tersebut untuk menuliskan instruksi atau informasi lain yang penting untuk mengetahui tentang obat atau kondisi untuk membantu Anda mengingatnya

Artikel terkait : Cara penggunaan obat yang tepat

Ketahui tujuan pengobatan anda / indikasi setiap obat

Stephen Setter, Pharm.D., Profesor farmakoterapi di Washington State University di Spokane, kata salah satu pasiennya keliru mengira obat glaukomanya untuk mengobati sakit kepala. “Jadi dia minum obat mata tersebut hanya ketika dia mengalami sakit kepala, yang seharusnya dia mengambil setiap hari untuk mengobati penyakit mata nya,” kata Setter. Sangat penting untuk memahami obat Anda karena Anda lebih mungkin untuk menggunakannya dengan benar, lebih mungkin untuk tahu apa yang diharapkan dari obat, dan lebih mampu untuk melaporkan apa yang Anda gunakan dan masalah ke dokter dan apoteker anda.

Baca label petunjuk penggunaan obat

Sebelum menggunakan obat apapun, harus tahu kapan, berapa banyak, dan berapa lama menggunakannya. Pastikan untuk membaca label obat. Di malam hari, memungkinkan secara tidak sengaja bisa menempatkan tetes untuk telinga ke mata atau memberikan obat anak-anak pada bayi jika tidak berhati-hati dalam memeriksa label obat.

“Gunakan alat ukur pada obat bentuk larutan. Saran Fitzpatrick, “Jika tidak mempunyai alat untuk mengukur obat cair, sebaiknya datang ke apotek untuk meminta. Biasanya toko obat akan memberikan secara gratis.  Juga baca informasi pengobatan yang ada bersama resepnya secara menyeluruh sebelum menggunakan obat.

Jaga semua infomasi yang diberikan oleh petugas kesehatan

Biasakan memperlihatkan daftar obat yang dimiliki ke petugas kesehatan pada setiap kunjungan baik ke dokter, apotek, ataupun klinik atau rumah sakit. Menjaga list obat akan membantu memastikan bahwa Anda tidak menggunakan dua obat dengan bahan aktif yang sama atau menggunakan apapun yang akan berinteraksi obat lainnya.

Biarkan keluarga mengetahui jenis obat anda

biarkan keluarga atau suami/istri mengetahui letak obat, resep, dan informasi terkait pengobatan anda. jika sewaktu-waktu keadaan darurat, mereka akan dapat menginformasikan dokter tentang obat-obatan  yang Anda gunakan.

Lihat artikel lainnya : Petunjuk pengobatan sendiri dari Badan POM

Sumber artikel berbahasa inggris yang telah diterjemahkan: (FDA, 2015)

Penerjemah: Samir Jalali, S.Farm.,Apt

Bagikan informasi tentang Untuk Pasien! Cara menghindari kesalahan Penggunaan Obat kepada teman atau kerabat Anda.

Untuk Pasien! Cara menghindari kesalahan Penggunaan Obat | Apotek Obatlife

Belum ada komentar untuk Untuk Pasien! Cara menghindari kesalahan Penggunaan Obat

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / ORAV-GSK001
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock

Tentang Kami

Obatlife.com sebagai apotik jaringan online yang bekerjasama dengan banyak apotik di indonesia. Distribusi dan tempat pembelian obat ditentukan berdasarkan lokasi terdekat konsumen. Pelayanan terbuka 24 jam sistem Satu Harga seluruh indonesia.

Pencarian

Pengunjung

SIDEBAR