Kontak Kami

( pcs) Checkout

Info: Untuk melakukan pembelian obat ditempat terdekat di kota anda, silahkan buka menu NAMA apotik untuk melihat nama apotik di seluruh indonesa
Beranda » Artikel dan Tips » Jumlah Apoteker 2016 dengan Rasio Perbandingan Penduduk di Indonesia

Jumlah Apoteker 2016 dengan Rasio Perbandingan Penduduk di Indonesia

Diposting pada 9 Desember 2016 oleh Samir Jalali

Total jumlah apoteker setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Angka tersebut tentunya memiliki hubungan erat dengan rasio perbandingan antara penduduk Indonesia. Apoteker merupakan gelar yang akademik yang diberikan kepada warga negara indonesia yang telah menempuh jalur pendidikan apoteker yang sebelumnya memiliki gelar Sarjana Farmasi.

Hal ini sejalan dengan peminatan jurusan farmasi di indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Data yang diperoleh dari Universitas Indonesia (UI)melalui 3 jalur seleksi (SNPTN, SBNPTN, SIMAK) berjumlah 2.446 peminat di tahun 2015.

Senada dengan UI, seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Padjajaran (Unpad) ditahun 2016 peminat jurusan farmasi berada diperingkat ke-dua terbanyak (3.547) pendaftar setelah jurusan kedokteran (6.088) peminat. dan tidak sedikit dari mereka yang akan melanjutkan ke jenjang profesi apoteker setelah menyelesaikan pendidikan S1 Farmasi.

mengenai jumlah apoteker di indonesia saat ini, Komite Farmasi Nasional (KFN) telah mencatat sebanyak 54.924 apoteker terdaftar seluruh indonesia. dan 5 Universitas terbaik yang mencetak apoteker terbanyak yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Pancasila (UP)Jakarta, Unpad Bandung, dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

chart-jumlah-lulusan-apoteker-di-indonesia-terbanyak

Sumber: Komite Farmasi Nasional KFN, Desember 2016

Sedangkan jumlah penduduk indonesia hingga 2015 tercatat sebanyak 255,461,700 jiwa (wikipedia). jika dihitung rasio perbandingan antara apoteker dengan jumlah penduduk indonesia maka diperoleh rasio 1:4.600 yang artinya satu apoteker untuk 4.600 penduduk indonesia. Rasio maksimal rekomendasi WHO yaitu 1:2.000 (Fathlerahman dkk, 2016).

Dihimpun dari kemenkes melalui Beritasatu 2013 menyebutkan bahwa jumlah apoteker yang terdaftar di Kemkes masih sejumlah 1.938 orang. jumlah ini baru mencapai 20% dari total jumlah Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Indonesia. jika dilihat dari data tersebut dengan jumlah penduduk 249,9 juta jiwa (2013) maka rasionya 1 : 128.000. yang artinya 1 apoteker yang bertugas di pelayanan (Rumah Sakit dan Puskesmas) untuk 128.000 penduduk ketika tahun 2013.

dalam menjalankan tugas profesinya, apoteker tidak hanya mempunyai lapangan pekerjaan di Rumah Sakit dan Puskesmas saja, tetapi apoteker terbagi pemilihan minat di bidang lain dalam bekerja seperti di Industri Farmasi, Distribusi, Pelayanan di Apotek, Pengembangan Ilmu di Universitas dan Lembaga Riset, Pemerintahan dibidang regulasi obat, dan sebagai tenaga pengajar di sekolah farmasi, serta Wirausaha. Alasan inilah yang menyebabkan Rasio apoteker dibidang pelayanan masih jauh dari angka yang diharapkan.

Jika kedepannya jumlah Apoteker sudah terpenuhi di seluruh rumah sakit dan puskesmas di indonesia, angka rasio pebandingan akan mengalami perubahan mengingat peminat pendidikan farmasi di indonesia terus mengalami peningkatan. dan tentunya ini berdampak positif bagi kualitas kesehatan masyarakat indonesia.

Author: Samir Jalali,S.Farm.,Apt

 

Bagikan informasi tentang Jumlah Apoteker 2016 dengan Rasio Perbandingan Penduduk di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Jumlah Apoteker 2016 dengan Rasio Perbandingan Penduduk di Indonesia | Apotek Obatlife

Belum ada komentar untuk Jumlah Apoteker 2016 dengan Rasio Perbandingan Penduduk di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock

Tentang Kami

Obatlife.com sebagai apotik jaringan online yang bekerjasama dengan banyak apotik di indonesia. Distribusi dan tempat pembelian obat ditentukan berdasarkan lokasi terdekat konsumen. Pelayanan terbuka 24 jam sistem Satu Harga seluruh indonesia.

Pencarian

Pengunjung

SIDEBAR