Kontak Kami

( pcs) Checkout

Info: Untuk melakukan pembelian obat ditempat terdekat di kota anda, silahkan buka menu NAMA apotik untuk melihat nama apotik di seluruh indonesa
Beranda » Artikel dan Tips » 7 Cara Meningkatkan Penjualan Obat Apotek

7 Cara Meningkatkan Penjualan Obat Apotek

Diposting pada 8 Desember 2016 oleh Samir Jalali

Pelayanan resep obat mungkin menjadi nomor satu alasan pelanggan datang ke apotek Anda, dan mereka pasti salah satu sumber pendapatan terbesar, tetapi penting juga untuk bisnis Anda meningkatkan penjualan non-resep. Dalam beberapa tahun terakhir, margin keuntungan dari prescription seluruh seluruh bisnis farmasi telah mengalami penurunan sedangkan margin untuk non-resep atau front-end produk tetap konsisten dan kuat. Barang non-resep dapat menjadi sumber penting pendapatan dan memaksimalkan penjualan ritel Anda mungkin sama pentingnya dengan menjual obat yang diresepkan. Berikut adalah tujuh cara strategis untuk menarik pelanggan dalam melakukan pembelian non-resep dan akhirnya meningkatkan pendapatan apotek.

1. Melakukan Riset Pasar

Memulai dan menjalan usaha jangan mengandalkan intuisi untuk mencari tahu cara terbaik dalam meningkatkan penjualan non-resep di apotek. Ulasan data dan penelitian untuk menentukan over-the-counter dan produk ritel yang sedang menjadi kebutuhan masyarakat atau pasien di satu musim tertentu. Selain itu meninjau angka penjualan untuk melihat produk yang kategori yang paling populer dengan pelanggan adalah wajib dilakukan. Kemudian mengambil langkah-langkah untuk membuat produk ini mudah untuk ditemukan di apotek kita.

2. Gunakan Rencana Dasar Apotek

Tata letak apotek Anda dapat berdampak paling efektif pada cara menampilkan barang ritel untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Beberapa tempat didalam apotek mungkin menjadi jalur utama konsumen ketika masuk kedalam outlet. Misalnya, daerah sebelah meja resep dan lorong yang mengarah ke register checkout cenderung lebih tinggi dengan jalur yang lain. tampilan atau layout produk akan menentukan peningkatan penjualan di tata letak yang terlihat oleh pembeli. Kondisi sekitar toko obat / apotik yang sering dilalui kendaraan akan membuat apotek kita menjadi terlihat segar. Baca Peralatan wajib untuk mendirikan apotik

3. Melatih Tim dalam Cross-Jual / Upsell Obat

Staf / karyawan apotek adalah aset yang paling penting. bertindak sebagai pembimbing mereka untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan membuat saran produk yang relevan. Melatih staf Anda untuk membantu dan meminta pelanggan produk apa yang mereka cari sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan apa tujuan mereka datang ke toko obat Anda. Tim Anda mungkin dapat merekomendasikan produk alternatif atau komplementer. Hal ini juga dapat membantu untuk mengadakan pertemuan tim mingguan guna menginformasikan staf Anda persediaan yang perlu dipindahkan, ditandai atau dihapus. Mengadakan kompetensi kepada staf dengan hadiah dari penjual obat yang masuk kategori upsell sangat membantu.

4. Membangun Hubungan Kuat ke Pelanggan Apotek

Menurut penelitian HRG, konsumen yang telah menetapkan baik, hubungannya tempat menjual obat (Apotek) lebih mungkin untuk kembali dibandingkan dengan mengunjungi toko di mana mereka tidak memiliki hubungan pribadi. Tim berbakat mampu menciptakan suasana kenyamanan dan kepercayaan jadi pastikan untuk melatih mereka terlibat dengan pelanggan dan membangun hubungan pribadi bila memungkinkan. Tuntun Staf Anda untuk mengenali pelanggan tetap dan menyapa mereka dengan nama pertama mereka atau mengajukan pertanyaan tentang keluarga mereka, pekerjaan atau hewan peliharaan. Setiap orang menghargai sentuhan pribadi.

5. Menjaga Stok Obat yang saling berkaitan

Mengetahui bagaimana produk berhubungan satu sama lain dapat membantu apotek meningkatkan penjualan ritel Anda. Misalnya, orang-orang yang mencari pembalut luka mungkin merasa perlu untuk juga membeli krim. Menampilkan produk terkait di samping satu sama lain, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Dan jangan lupa untuk menggunakan denah apotek agar membantu menentukan bagaimana posisi produk terkait untuk dampak penjualan yang maksimal.  Lihat Rencana pengadaan obat yang tepat

6. Jaga Seluruh Informasi dari Pasien

Lupakan segala sesuatu yang Anda tahu tentang apotek dan coba berjalanlah melalui pintu sebagai pembelanja. ketika orang disamping mengetahui penyakit dan obat anda, Apakah Anda terus berbelanja di toko ini? saya rasa mencari apotik yang bisa menjaga rahasia pasiennya adalah jawaban yang tepat.

7. Cari Kebutuhan Pasien

Tidak masalah jika Anda menjalankan apotek yang sejak awal berdirinya sudah memiliki bangunan yang bagus. tapi perhatikan ketika seorang penjual obat selalu menceritakan kelebihan obatnya. Seperti: kulit langsung putih setelah meminum obat A dalam seminggu, atau jerawat seketika hilang setelah krim B anda pakai. Menawarkan layanan yang benar-benar tepat dengan cara terbaik yaitu menggali kebutuhan pasien adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Bertanya, “Apakah ada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk mengurangi keluhan anda?” Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa Anda peduli apa yang mereka pikirkan, tetapi anda juga memperoleh informasi terbaru yang dapat disamakan persepsinya ketika hal tersebut telah disampaikan.

Sebuah apotek jauh lebih dari sekadar tempat untuk mengisi resep. Ini adalah tempat di mana orang dapat menemukan produk kenyamanan, suplemen, makanan, souvenir dan alat alkes. Mengetahui cara yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan tentu akan membuahkan hasil yang optimal.

Bagikan informasi tentang 7 Cara Meningkatkan Penjualan Obat Apotek kepada teman atau kerabat Anda.

7 Cara Meningkatkan Penjualan Obat Apotek | Apotek Obatlife

Belum ada komentar untuk 7 Cara Meningkatkan Penjualan Obat Apotek

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock

Tentang Kami

Obatlife.com sebagai apotik jaringan online yang bekerjasama dengan banyak apotik di indonesia. Distribusi dan tempat pembelian obat ditentukan berdasarkan lokasi terdekat konsumen. Pelayanan terbuka 24 jam sistem Satu Harga seluruh indonesia.

Pencarian

Pengunjung

SIDEBAR